Selain Supra GR, Dua Mobil Baru Toyota Bakal Hiasi Panggung GIIAS 2019

Selain Supra GR, Dua Mobil Baru Toyota Bakal Hiasi Panggung GIIAS 2019

Selain meluncurkan mobil sport legendarisnya, Supra GR, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga bakal menghadirkan dua model baru lagi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Namun, raksasa asal Jepang ini masih merahasiakan mobil baru lainnya yang bakal mengaspal di pameran otomotif yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Dijelaskan Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, pihaknya belum bisa membocorkan dua model barunya tersebut. Namun, beredar kabar jika salah satu mobil barunya ini, adalah Sienta anyar, yang juga mengadopsi sistem hybrid.

“Saya tidak bisa komentar banyak soal Sienta saat ini. Tapi, kami masih jualan Sienta. penjualannya tidak besar, sekitar 300-an unit per bulan,” ujar Anton saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Lanjut Anton, untuk Sienta hybrid sendiri memang belum ada rencana untuk ke arah tersebut. Pasalnya, masih banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti kondisi pasar dan juga model dari mesin apa yang cocok mengadopsi sistem hybrid.

“Ketiga terkait produksi, karena Toyota Sienta itu diproduksi di Indonesia sedangkan mesin hybrid diproduksi di Jepang. Makanya itu jadi pertimbangkan kita, apakah bisa impor atau CBU. Kalau iya (CBU), jadi harganya berapa dan kalau diproduksi lokal dengan volume seperti itu jadinya bagaimana,” tegasnya.

Sebagai informasi, jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), penjualan Sienta memang tidak terlalu menggembirakan. Selama Januari hingga Mei 2019, wholesale sales (penjualan pabrik ke diler) mobil pintu geser ini hanya laku 371 unit.

Toyota Hiace

Sedangkan untuk model kedua, banyak prediksi yang mengatakan, Toyota bakal menghadirkan HiAce model baru. Tapi, model ini juga belum bisa dikonfirmasi langsung kepada pihak Toyota.

Sebelumnya diberitakan, PT TAM masih bungkam terkait model ini. Rouli Sijabat, Head Of Public Affairs PT TAM yang kami hubungi tak mengiyakan atau menampik.

Ia justru meminta kami menunggu informasi pengenalan jajaran mobil yang dipamerkan di GIIAS 2019. Bila benar, berarti mini bus andalan Toyota itu, memanfaatkan pameran yang diselenggarakan di ICE BSD itu, sebagai ajang peluncuran.

Hiace teranyar sebelumnya melakukan world premiere di Filipina pada Februari lalu. Ada lima varian yang ditawarkan: Commuter Deluxe MT, GL Grandia MT dan AT, GL Grandia Tourer MT dan AT.

Toyota Hiace Commuter Deluxe dan GL Grandia memiliki dimensi yang sama, 5.265 x 1.950 x 1.990 mm.

Wheelbase-nya mencapai 3.210 mm. Sedangkan GL Grandia Tourer lebih panjang dan tinggi: 5.915 x 1.950 x 2280 mm dengan jarak sumbu roda 3.860 mm. Pun begitu, urusan daya tampung, Commuter mampu diisi hingga 15 orang, GL Grandia 12 orang dan GL Grandia Tourer 14 orang.

Sumber : liputan6.com

Stay Connected